Depend On God

Oh God, galau lagi.. galau lagi…! Pernah gak guys ngerasa galau tak berkesudahan? Tiap kali pas kita suka sama someone, eh orang yang kita suka malah gak suka sama kita. Tapi waktu kita gak suka sama orang itu, eh orang itu malah deketin kita. Duh, ngeselin ya rasanya! Istilah kerennya,”sakitnya itu disini”. Hikss.. T.T

Jujur, aku juga sering kok jatuh bangun dalam hal sejenis ini. Giliran aku suka sama si A, eh si A kagak kasih tanda-tanda bunga asmara. Dan taunya malah si B yang gencar pdkt, yang tentu aja ngebuat hati risih coz hatiku gak “klik” sama dia. Ceile.. gayaku. Hahaha. Ditambah lagi, diantara temen-temen sepermainan, aku itu jomblonya teerlaamaaa. Bisa dijuluki “jomblo ngenes” kali ya. Sejak awal kuliah, aku udah commit gak mau pacaran asal-asalan, sampe Tuhan mempertemukan dengan orang yang tepat. Satu-dua tahun, aku masih penuh pengharapan. Sekarang, setelah melewati 5 tahun ngejomblo. Waaah, terasa asemnya! Susah banget tetep bertahan dalam komitmen setelah menerima banyak tantangan dan kritik dari luar sono. Ada yang bilang, “Coba dong buka hatinya untuk cowok laen.” Yaaah, mungkin maksudnya emang baik ya. Tapi ini kan soal komitmen, gak mungkin dong aku asal buka hati untuk pria yang jelas-jelas gak masuk kriteria “Godly Man versi The Bible”. Eh, sekalinya ketemu sama cowok yang menurutku “Godly Man luar dalem”, wooww taunya dia gak suka sama aku. JLEB! Bener-bener buat galau! Bener-bener sakitnya itu disini.

Tapi.. setelah aku renungin lagi, kesalahan terbesar yang buat aku galau sebenernya ada dalam hatiku sendiri. Aku merasa hatiku kosong tanpa kekasih. Aku terlalu mengidam-idamkan seorang pasangan hidup. Sampe-sampe aku lupa kalo sebenernya hidup ini lebih dari “menemukan pasangan hidup”. Ya, kita tau kalo Tuhan punya rencana untuk kita, Dia mau kita belajar mengasihi pasangan kita seperti Kristus mengasihi kita, memuliakan Tuhan melalui hubungan kita, dan membangun keluarga yang berpusat pada Kristus. Kita juga sah-sah aja kok kalo mengharapkan hal itu terjadi as soon as possible. Tapi yang jadi salah, kalo fokus hati kita berubah. Bukan lagi berharap dan mengandalkan Tuhan, tapi kita malah berharap dan mengandalkan manusia/pasangan kita. Seolah-olah setelah kita menemukan pasangan kita, hidup kita akan jadi utuh, bahagia, dan no galau anymore. Padahal.. kenyataannya gak gitu juga kok.. Itu cuman hasil tipu-tipu si Iblis!

Alkitab mengajarkan kita bahwa hanya di dalam Tuhan kita mendapatkan kepenuhan hidup. Cuman Tuhan yang bisa membebaskan kita dari rasa galau dan kesepian ini. Sahabat, keluarga, dan pacar mungkin membantu, tapi sifatnya hanya sementara. That’s why kita perlu jujur dihadapan Tuhan, curcol kegalauan kita, dan menemukan kedamaian sejati di dalam Dia. Gak perlu malu ato gengsi, Tuhan bersedia kok dekat sama orang yang remuk hatinya, sama orang-orang yang galau akut. Dia berjanji enggak akan ninggalin kita. Dia akan memperbarui hati kita, memulihkan setiap luka kita, dan membuat hati kita bergantung sepenuhnya di dalam Dia. So, depend on God and do not depend on human! Galau? Gak la yauu.. kan cuman sementara doang galaunya, sisanya pasti kan diganti dengan sorak sorai di dalam Dia!

Jomblo ngenes? Gak masalah! Gak laku? Siapa bilang?

Kita berharga di mata Tuhan

Dia tahu apa kebutuhan kita

Dia tahu pasangan yang tepat buat kita

Berharaplah kepada Tuhan

Bersukacitalah di dalam Dia

Nantikanlah waktu-Nya

Be patient, guys!

Tak selamanya jomblo itu ngenes

Mungkin ini saat paling tepat untuk bergantung sepenuhnya kepada Tuhan

 

“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau,yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah” (Yeremia 17 : 7)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s